Kamis, 17 November 2016

411

Saat agama yang suci dan sacral dimanfaatkan menjadi tameng untuk tujuan duniawi yang jauh dari esensi agama itu sendiri. Sementara isu agama adalah isu paling mudah disebar dan sangat mudah pula memprovokasi penganutnya. hal inilah yang menjadikan ide awal dari sebuah pemberontakan.
isu apa yang mampu mengumpulkan sekian puluh ribu orang berkumpul di tengah kota untuk berprotes ria? isu apalagi yang mampu menggerakan manusia untuk berhenti sejenak dari urusan urusan pribadinya ? hanya isu agama.

Hal inilah yang menjadikan peristiwa 411 menjadi begitu besar. Bayangkan sekian ratus ribu orang mampu berkumpul di satu tempat hanya untuk memprotes petinggi ibu kota yang tengah menjadi calon untuk menjadi pemimpin berikutnya. sulit untuk mengatakan bahwa hal ini jauh dari kata politik. justru saya melihat ini hanya isu politik yang dibumbui isu agama agar terlihat lebih menarik bagaikan daging yang akan dihidangkan tapi sebelumnya dibumbui dahulu agar terasa lebih nikmat.
kemudian untuk siapa sebenarnya daging itu dihidangkan?

Muncul pertanyaan liar di kepalaku tentang apakah kekuasaan itu sebegitu menariknya bagi mereka? sehingga mereka tega memanfaatkan ratusan ribu orang yang polos mengikuti jalan permainan kotor ini? sebegitu kuatkah orang ini hingga kalian harus melibatkan rakyat polos yang berpakaian agama untuk melawan? setakut itukah kalian akan kekalahan? seserakah itukah para calon pemimpin ibu kota?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar